Pages Navigation Menu

Sambutan Bupati Jembrana Dalam RAT VII Koperasi Bina Pusaka Tahun Buku 2015

GARUDA_PANCASILA_bwBUPATI JEMBRANA


SAMBUTAN BUPATI JEMBRANA
PADA ACARA RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) KOPERASI BINA PUSAKA TAHUN BUKU 2015
HARI MINGGU, 28 FEBRUARI 2016

Yth. :  

  • Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali;
  • Wakil Bupati Karangasem, selamat datang di Kabupaten Jembrana;
  • Ketua Umum Pengurus Pusat Pratisantana Sira Arya Kanuruhan;
  • Pengurus, Pengawas dan seluruh Anggota Koperasi Bina Pusaka;
  • Hadirin sekalian yang berbahagia.

Om Swastyastu,
Sebagai insan yang beragama, terlebih dahulu marilah kita memanjatkan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hynag Widhi Wasa, karena atas karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat, guna bersama-sama melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Bina Pusaka Tahun Buku 2015.


Pada kesempatan ini Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jembrana menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada Pengurus, Pengawas dan seluruh Anggota KOPERASI BINA PUSAKA atas terselenggaranya RAT pada hari ini, ini berarti bahwa Pengurus dan Pengawas sudah menunjukkan kinerja yang bagus, karena sudah mampu menjabarkan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, dimana Koperasi wajib melaksanakan RAT minimal 1 (satu) kali setahun dan menjadikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan demokrasi Koperasi.
Hadirin sekalian yang berbahagia,

Menyikapi ketatnya persaingan dalam dunia usaha, Pemerintah Republik Indonesia pada Tahun 2016 sekarang ini menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang membawa dampak terhadap globalisasi di bidang ekonomi, untuk itu Koperasi dituntut agar mampu berperan dan tetap eksis menjadi pilar dalam perekonomian nasional, Koperasi harus dikelola secara efektif dan efesien dengan SDM yang mempunyai kompetensi sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha, tetapi tetap dalam koridor Koperasi dengan mempertahankan prinsip-prinsip dan jati diri Koperasi sehingga sesuai ekonomi kerakyatan.
Pemerintah Kabupaten Jembrana, senantiasa mengharapkan agar Koperasi memiliki kredibilitas yang tinggi untuk anggotanya serta masyarakat pada umumnya, karena Koperasi dibangun dari, oleh, dan untuk anggota, maka peran Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM memberikan iklim yang kondusif untuk mendorong peningkatan kualitas Koperasi melalui pembinaan dan pengawasan serta perkuatan modal Koperasi.

Berdasarkan data perkembngan Koperasi di Kabupaten Jembrana sampai dengan akhir tahun 2015 jumlah Koperasi sebanyak 255 unit yang tersebar di seluruh Desa, Kelurahan, dan Kecamatan se-Kabupaten Jembrana.
Dengan semakin banyaknya minat masyarakat untuk membentuk Koperasi, Dinas Perindagkop Kabupaten Jembrana setiap tahun tetap memprogramkan pembinaan dan bimbingan SDM Koperasi melalui diklat, penilaian kesehatan, pemeringkatan dan audit Koperasi. Hal ini penting sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah dalam menciptakan Koperasi yang berkualitas. Di samping itu agar terus menggelorakan Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP) kepada seluruh masyarakat Jembrana, sehingga benar-benar masyarakat tahu dan memahami efek multiplayer dari kehidupan berkoperasi.
Hadirin sekalian yang saya hormati,

  1. Dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan Koperasi agar bermanfaat bagi anggotanya, maka melalui RAT ini saya minta agar Pengurus, Pengawas dan seluruh Anggota Koperasi memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
    Untuk meningkatkan daya saing Koperasi, Pengurus, Pengawas dan Pengelola Koperasi senantiasa meningkatkan kompetensi diri sebagai modal dasar mengelola Koperasi dan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada anggota (jaringan pilih kasih terhadap Anggota).
  2. Pengurus dan Pengawas harus mempunyai komitmen untuk maju dan mengelola usaha baik secara efektif dan efesien sehingga mampu bersaing dengan badan usaha lainnya, demikian pula anggota sebagai pemilik juga pelanggan harus juga dalam melaksanakan kewajiban taat dengan Koperasi, jangan hanya meminta hak saja dan harus seimbang antara hak dan kewajiban dalam melaksanakan kegiatan berkoperasi.
  3. Kerjasama antara Pengurus Koperasi dengan gerakan Koperasi dan badan usaha lainnya agar lebih ditingkatkan baik dalam bidang permodalan, pemasaran maupun peningkatan kualitas SDM Koperasi.

Sebagaimana tadi telah dilaporkan oleh Pengurus KOPERASI BINA PUSAKA telah menunjukkan kinerja dengan trend yang positif, baik tingkat rentabilitas, likuiditas, solvabilitas maupun SHU yang dicapai. Namun demikian agar kemajuan KOPERASI BINA PUSAKA tetap eksis dan jangan cepat puas diri, maka Koperasi tetap terus meningkatkan pelayanan pada anggota karena masih banyak kebutuhan anggota yang belum mampu dilayani secara maksimal.
Bapak Ibu dan Hadirin yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, dan selamat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan. Semoga apa yang menjadi tujuan dan harapan dari KOPERASI BINA PUSAKA senantiasa dapat tercapai dengan prestasi yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang.
Sekian dan terima kasih,

Om Santih, Santih, Santih, Om

BUPATI JEMBRANA

I PUTU ARTHA

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *